Langsung ke konten utama

Pekerjaan Yang Cocok Bagi Blogger

Bingung juga mau kasih judul apa postingan ini. Profesi yang bisa disambi dengan blogging? Kerjaan yang cocok bagi orang yang hobi bikin blog? Bekerja tapi punya banyak waktu luang untuk menulis artikel?

Ah, sudahlah. Daripada puyeng mending diberi judul “Jenis pekerjaan yang cocok buat blogger” aja.

Maksud saya gini. Kita tuh bekerja, dapat bayaran dari boss, punya penghasilan pasti tiap bulannya, kerjanya halal... sama seperti profesi normal lain. Tapi saat kerja itu kita bisa sambil menulis dan ngurusin blog / website tanpa takut dimarahi atasan kalau ketahuan.

Wah enak bener ya. Udah digaji, bisa dapat uang tambahan dari aktifitas blogging lagi. Jika perlu fasilitas penunjang untuk ngeblog seperti komputer, laptop, jaringan internet semuanya disediakan oleh kantor.
Memang ada jenis pekerjaan seperti itu?

Ada. Ini dia beberapa contohnya:


1. Penjaga Warnet

Pernah ke warnet? Coba perhatikan, apa yang dilakukan penjaga warnet saat tidak sedang melayani pengunjung? Nongkrongin komputer bukan? Apa yang dilakukan mereka? Kebanyakan main game online, nonton youtube, chatting atau nonton film bok**.

Penjaga warnet itu punya banyak waktu luang. Yang dihadapi juga perangkat lengkap untuk mengelola blog. Coba kalau waktunya itu dimanfaatkan untuk menulis artikel, mengoptimasi SEO, ngotak-atik coding, belajar bikin template, menciptakan aplikasi dan kegiatan bermanfaat lain.

Banyak kok blogger sukses yang awalnya adalah seorang penjaga warnet. Salah satu contohnya adalah Mbah Jo. Kalau punya Om Toni ini sih belum sukses. Masih amatiran alias blog pemula hehe

Memang, jadi penunggu meja operator warnet mungkin tak besar. Tapi bagi yang hobi ngeblog dan kebetulan lagi nganggur, tak ada salahnya melamar di rental warnet. Daripada galau atau keluyuran tak ada manfaatnya, mending kerja sambil mengasah lmu perbloggingan. Siapa tahu dari ngeblog hasilnya bisa buat beli itu warnet sekalian juragannya hahaha....

Tapi kalau warnetnya juga menerima jasa pengetikan sih kayaknya kalian bakal sibuk ngetik skripsi orang daripada ngurus blog sendiri. Solusinya, jangan kerja di warnet yang seperti itu hehehe...

2. Satpam

Ini juga termasuk jenis pekerjaan yang cocok untuk para blogger. Satpam atau petugas keamanan itu memiliki banyak waktu. Apalagi kalau pas kebagian jaga shiff malam. Selain keliling mengawasi kantor, gudang atau pabrik yang jadi area tanggung jawabnya, sebagian besar waktunya dihabiskan nongkrong di pos, nonton TV sambil ngabisin kopi.

Nah, saat di pos itu kan bisa dipakai untuk ngeblog. Modalnya cukup tab atau hape android jika merasa ribet harus nenteng laptop. Kalau di pos disediakan komputer dan jaringan wifi di kantornya nonstop 24 jam sih malah cukup modal dengkul doang hehe...

Tapi beda dengan penjaga warnet, satpam tidak boleh terlalu fokus pada aktifitas blogging saat lagi bertugas. Tanggung jawab menjaga keamanan harus diutamakan. Jangan sampai karena keasyikan mosting artikel, kantornya dibobol maling. Bisa jadi bahan berita tuh wkwk...

Blogger satpam juga harus hati-hati. Sebab jika ketahuan ngeblog saat dinas, bisa dipecat sama pak boss.

3. Penjaga Toilet Umum

Kalau ini sih saya kurang recomended. Bukan meremehkan pekerjaan menjaga toilet. Tapi... gimana ngomongnya ya? Ah, sudahlah...

Sama seperti penjaga warnet dan satpam. Penjaga warnet juga punya punya banyak waktu luang dilakukan sambil ngeblog. Bedanya kalau  penjaga toilet itu selain suasananya kurang nyaman karena berjibaku dengan bau pesing, lokasinya juga belum tentu ada sinyal untuk menangkap jaringan internet. Tahu sendiri kan kalau WC atau toilet umum itu biasanya ada di ujung ground mall?

Bagi yang lagi kepepet, boleh juga dicoba profesi ini. Tapi jangan iseng pasang kamera tersembunyi di toilet wanita loh ya? Pokoknya jangan! Bwahaha...

4. Customer Service / Operator Call Center

Istilah untuk tukang terima telpon di perusahaan itu bener customer service atau bukan sih? Ya, kita anggap gitu ajalah. Saya lagi males nyari definisi pastinya di google.

Catatan: tak semua operator call center punya banyak waktu disambi ngeblog. Tergantung dari perusahaannya. Kalau perusahaan besar biasanya tak bisa karena intensitas telepon yang masuk sangat tinggi dan peraturannya juga ketat.

Cocoknya bagi customer service yang dapat jatah shiff malam. Biasanya kalau malam kan tak banyak orang yang nelpon tuh. Jadi daripada bengong mending nulis konten untuk diposting di website.

5. Ibu Rumah Tangga

Pasti banyak yang protes kalau status ibu rumah tangga itu dikategorikan sebagai sebuah pekerjaan. Tapi mau gimana lagi, pemerintah aja secara resmi menetapkan IRT itu sebagai salah satu jenis profesi. Tak percaya? Coba lihat KTP mama, kakak perempuan atau tetangga kamu yang sudah bersuami tapi tak bekerja. Pada kolom pekerjaan pasti tertulis ibu rumah tangga

Ibu rumah tangga muda yang belum dikaruniai anak biasanya punya bejibun waktu. Saat suami pergi ke kantor, istri di rumah tugasnya bersih-bersih, masak, nyuci dan rutinitas lainnya. Setelah selesai, terus ngapain? Ngerumpi? Pesbukan? Shopping?

Waktu senggang itu bisa dimanfaatkan untuk menekuni hobi bikin blog. Tema yang dikuasai saja. Contohnya bikin blog dengan niche masak memasak, jahit menjahit, sulam menyulam, merawat bunga, tutorial hijab, tutorial make up serta tema yang tak jauh dari kehidupan sehari-hari.

Mau contoh ibu rumah tangga yang sukses membantu suami mendapat penghasilan sendiri dari ngeblog? Banyak. Mbak pemilik blog juragancipir.com itu salah satu contohnya.

Wuih... capek juga ngetik nih. Maklum, Om Toni sudah tua. Jarinya suka kram kalau mencetin keyboard kelamaan. Tolong tambahin ya kalau ada jenis pekerjaan lain yang cocok buat para blogger. Misalnya: penjaga kamar mayat, juru kunci makam dan..... (isi sendiri).

Komentar

Pos populer dari blog ini

Contoh Blog Amatir dari Blogger Pemula

Halo para keponakan. Selamat pagi siang dan malam. Salam kenal buat semua ponakan ketemu gede alias baru nemu blog ini untuk yang pertamax. Ini memang postingan perdana di blog Om Toni. Blog amatir paling sok tahu. Doain semoga bukan yang terakhir ya.
Jika kamu sedang mencari contoh blog amatir dari blogger pemula, inilah contoh yang nyata wkwk...
Bukannya saya bangga punya blog amatiran. Pingin sih punya blog atau website yang profesional. Tapi apa mau dikata. Nyatanya blog Om Toni - setidaknya saat artikel ini ditulis - masih amatir. Belum punya traffic, tampilan masih acak-acakan, gaya bahasa belepotan. Pokoknya masih jauh untuk disebut sebagai blog terbaik di Indonesia
Om Toni sebenarnya bukan blogger newbie banget. Sebelumnya sudah punya blog, banyak malah – lebih dari 10 biji. Alhamdulillah, semuanya tak terurus.
Gue mah gitu orangnya. Gampang bosen. Biasa, tipikal blogger pemula. Semangat nulis artikel di awal tapi melempem di tengah. Persis kayak kerupuk udang nyelam di bali…

Cara Hasilkan Uang Dari Blog Secara Tak Langsung

Mungkin kalian bingung baca judul artikel di atas. Tapi itulah pengalaman om Toni selama 3 tahun ngeblog dari 2014 sampai 2017 ini. Saya mendapat uang dari blog secara tak langsung. Jumlahnya lumayan. Cukup untuk beli rumah plus menghidupi anak istri. Bagaimana caranya?


Sabar. Biarkan om ngopi dulu sambil udud biar tak salah paham.

Langsung saja ya. Begini. Sejak tahun 2003 saya mulai berwiraswasta. Buka persewaan komik, rental VCD, jualan mainan sudah saya coba. Semuaya gagal karena salah menerapkan strategi bisnis.

Belajar dari kesalahan masa lalu, tahun 2009 saya buka bengkel las dan bertekad untuk menekuninya dengan gigih. Seperti jenis usaha apapun, tahun pertama adalah masa yang menyakitkan. Alhamdulilah,  karena niat dan usaha keras, lambat laun bengkel saya mulai ramai.

Namun kegigihan itu harus dibayar mahal. Tubuh sudah tak kuat diajak kerja keras seperti itu. Sayapun terserang tifus. Kata dokter harus mengurangi aktifitas fisik agar penyakitnya tak kambuh lagi. Saat harus i…